Home » » Keuntungan-keuntungan Knowledge Management

Keuntungan-keuntungan Knowledge Management


Menurut Santosus dan srmach (2001), serta Beijerse (1999) keuntungan KM :

  • Meningkatkan inovasi dengan mendorong keluarnya ide-ide baru
  • Meningkatkan service kepada pelanggan dengan menyingkatkan response time
  • Meningkatkan tingkat retensi karyawan dengan mengenali nilai dari karyawan
  • Mengurangi operator dan menekan biaya dengan menghilangkan efisiensi
  • Meningkatkan posisi dalam pasar dengan lebih cerdas dalam pasar
  • Meningkatkan keberlangsungan perusahaan
  • Meningkatkan persainga kelompok
  • Membuat karyawan professional semakin efisien dan efektif
  • Menyediakan dasar yang lebih baik dalam pembuatan keputusan seperti membuat atau membeli tekhnologi atau merger
  • Meningkatkan komunikasi antar pekerja
  • Meningkatkan sinergi antar pekerja
  • Memastikan knowledge pekerja tinggal dalam perusahaan
  • Membuat perusahaan fokus pada core business dan knowledge penting dalam perusahaan

Penutup
  • KM sebagai suatu spirit yaitu pendekatan dari hati ke hati
  • Ide harus fleksibel
  • Buat dari data, informasi knowledge menjadi knowledgeable, knowledge creator/creating
  • langkah pertama adalah merubah mindset di seluruh jajaran organisasi mengenai pentingnya share data, informasi dan aplikasi KM
  • mampu interkoneksi (globalisasi) di lokal atau di organisasi dulu baru bicara globalisasi, mau diakses dan perlu Visi yang tajam
  • ingin tahu lebih dominan unggul di iptek dan sharing data, informasi dan knowledge menuju ke wisdom
  • budaya “learning and sharing “ ditumbuhkan dan dimulai dari yang sangat kecil, diri sendiri, dan sekarang
  • Knowledge worker inti dasar adalah knowledge
  • Tetap memelihara intelektual dengan banyak membaca perkembangan di bidangnya masing-masing dan menghasilkan suatu knowledge
  • Memelihara spirit dengan cara voluntary
  • Mengembangkan knowledge based system

0 komentar:

Posting Komentar

Visitor


Contact me for more info

Diberdayakan oleh Blogger.